Saturday 25 August 2018

Cara Setting Hotspot/Wifi Thetering

Cara Setting Hotspot/Wifi Thetering - Saat ini sudah terkenal dengan istilah tetring dimana anda dapat membagikan jaringan wifi anda ke perangkat lain. Contohnya saja smartphone anda memiliki sebuah jaringan data internet yang cukup banyak, data tersebut ingin berbagi atau dihubungkan ke perangkat orang lain, seperti ponsel teman atau komputer PC/Laptop yang anda miliki. Dengan membagi jaringan data internet anda bisa menggunakan dengan istilah hostpot tetring. Keuntungan dari cara ini kita dapat berinternet dari perangkat lain dengan memanfaatkan hotspot jaringan wifi yang tersedia di ponsel anda yang memiliki data kuota internet yang cukup banyak. Terkadang ini dilakukan oleh orang-orang untuk bermain game secara grup dengan memanfaatkan hostpot seperti game mobile legends.
Cara Setting Hotspot/Wifi Thetering

Untuk bisa membuka hotspot itu sangatlah mudah, kamu harus perlu ketahui beberapa hal tentang tetring. Jika kamu ingin membuka tetring/hotspot di hp smartphone untuk mengakses internet, maka pastikan kuota internet anda cukup banyak dan lama dipakai. Apalgi jika perangkat yang ingin tetring tersebut ada banyak atau jika disambungkan ke laptop. Jangan lupa untuk menghidupkan data seluler di smartphone anda. Namun jika kamu hanya ingin hotspot/tetring game, maka pastikan tetring tersebut dimatikan data internetnya agar pulsa/kuota kamu tidak tersedot. Beberapa orang melupakan hal penting ini sehingga mereka sadar bahwa kuota data mereka telah tersedot dan habis, kemudian pastikan daya baterai hp smartphone anda terisi penuh karena dengan hotspot ini sangat menguras daya baterai. Jika kamu ingin mengetahui cara berbagi hotspot ke perangkat lain (teman anda misalnya), coba kamu perhatikan langkah-langkah yang saya jelaskan dibawah ini.

Menggunakan smartphone berbasis android, maka silahkan masuk ke bagian pengaturan (setting) selanjutnya masuk ke jaringan & internet (Network & Internet) sehingga muncul beberapa opsi pilihan. Kamu cukup tekan menu hotspot & tetring. Settings => Network & Internet => Hotspot & Tethering. Jika sudah berada pada hotspot tethering, makan akan muncul beberapa opsi pilihan. Pilihan hotspot Wi-Fi dengan menggeser tombol yang berada di samping opsi tersebut ke sebelah kanan agar hotspot kamu aktif. Sekarang hotspot kamu sudah aktif, tetapi jika kamu ingin lebih aman, silahkan pilih lah opsi pengaturan hotspot sehingga muncul tampilan nama dan password internet anda, Silahkan saja ubah nama dan berikan kata sandi (password sesuai dengan keinginan kamu lalu save/simpan. Jika ingin mematikan hotspot, cukup geser kembali ke tombol mode tadi.

Membuka hotspot jika anda menggunakan smartphone yang sistem operasinya iOS, cara hotspot Wi-Fi pun sangatlah mudah untuk dilakukan tidak berbeda jauh dengan yang bersistem android tadi. Jadi kamu masuk ke bagian Pengaturan/Settings lalu ke Personal Hotspot. Untuk langkah berikutnya kamu harus beralih ke menu ON yang ditandai dengan warna hijau. Untuk menambahkan kata sandi, tetap berada pada layar yang sama. Jika kamu sudah bisa menghubungkan perangkat lain dengan hotspot smartphone tersebut menggunakan password yang telah kamu buat. Untuk cara mematikan password, silahkan geser kembali slider yang berwarna hijau tadi hingga menjadi abu-abu.

Bagaimana menurut anda mudah bukan cara berbagi jaringan wifi ? perlu kalian ketahui jika kamu menghidupkan hotspot./tethering dan dihubungkan dengan perangkat lain, usahakan daya baterai laptop dalam keadaan terisi penuh. Selalu melakukan pengecekan terhadap kuota internet kamu agar tidak terkuras karena ke asikan menikmati tetherin hotspot. jika sudah dipakai, silahkan matikan terlebih dahulu hotspot anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Sampai disini dulu pembahasan mengenai "Cara Setting Hotspot/Wifi Thetering" ,semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu bagi anda. Sekian dan terima kasih :)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Labels

Blog Archive